Festival Tumbuk Tembakau Di Boyolali Sebagai Wujud Syukur Masyarakat

Festival Tumbuk Tembakau Di Boyolali Sebagai Wujud Syukur Masyarakat

Boyolali- Di Indonesia masih banyak sekali tradisi-tradisi yang dilestarikan secara turun-temurun. Di Boyolali, tepatnya di lereng gunung merbabu, Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali yang pada hari Sabtu mengadakan festival tumbuk tembakau. Tradisi ini dilakukan dalam rangka menyambut panen tembakau di lereng Gunung Merbabu.

Festival tumbuk tembakau dilaksanakan oleh para petani-petani di daerah tersebut. Diawali dengan kirab dan arak-arakan tumpeng gunungan yang terbuat dari hasil bumi seperti sayur mayur, kemudian tumpeng nasi, dan tembakau. Festival ini juga diiringi dengan berbagai kesenian daerah setempat.

Kirab dan arak-arakan di acara ini berjalan menuju pemakaman umum yang berada di atas bukit Gunung Sari, Desa Senden. Setelah prosesi ritual dan doa bersama selesai, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dari gunungan tumpeng nasi yang dibawa sebelumnya. Untuk gunungan tembakau dan hasil bumi tadi akan di bawa kembali oleh warga.

Tradisi ini tentunya sangat bermanfaat bagi setiap warga. Karena disana, selain nilai budaya yang diterapkan juga ada nilai sosial yang diterapkan. Menurut ketua panitia kegiatan Tumbuk tembakau, Darmanto, kegiatan ini merupakan wujud syukur terhadap Tuhan atas panen tersebut. Walaupun tanaman tembakau ini merupakan tanaman musiman, tetapi hasilnya tetap menjadi andalan para petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *